Entri Populer

Wednesday, July 3, 2013

MEMPERKUAT SINYAL INTERNET


Sinyal yang kuat dan lancar tentunya menjadi idaman kita semua, yang sehari-harinya berselancar di dunia maya ini. Namun terkadang kita sangat jengkel di karenakan sinyal internet kita yang lemah. Ini membuat lodingnya lelet, apalagi kalau lagi donlod, tentunya akan memakan waktu yang sangat lama, atau bahkan mungkin akan gagal dan harus di ulang ulang terus.

Sinyal internet di pengaruhi oleh beberapa sebab, antara lain :

1.       Keadaan geografi

2.       Jauh dekatnya tower ripiter penyedia layanan

3.       Cuaca

4.       Pulsa

5.       Dan kuota, yang memang dalam keadaan tertentu, menggunakan layanan dan paket tertentu, akan di batasi oleh penyedia layanan.

Untuk mengatasi no 3,4 dan 5. Tentunya tergnatung kantong kita masing – masing, jadi jangan berharap lebih jika kita masih menggunakan gratisan, atau paket ekonomi , atau lagi paket unlimited. Apalagi kalau batas kuotanya sudah mendekati habis. Ini juga akan berpengaruh pada sinyal, secara teknis, penyedia layanan kita memperingatkan kita untuk menambah pulsa lagi.

 

Dan untuk no 1 dan 2, maka kita bisa sedikit berusaha untuk memberi doping pada modem untuk mengumpulkan sinyal sebanyak-banyaknya. Salah satunya adalah dengan menggunakan usb extender, atau colokan usb panjang ( di istilahkan pada kabel roller ). Gak usah repot-repot buat sendiri, karena akan membingungkan orang yang sudah bingung. Belum lagi peralatannya yang tidak semua orang bisa. BELI SAJA...

Ya, beli saja usb extender di toko peralatan komputer, yang 3meter atau yang 5 meter, yang 12 meter juga ada. Tapi untuk di atas 10m di perlukan suple catu daya sendiri agar sinyalnya bisa masuk ke komputer dengan kuat, kalau tidak di kasih suple, justru malah menghilangkan sinyal, yang tadinya mungkin ada tapi lemah sekali.

Cara memasangnya gampang aja, Cuma di colokan ke komputer, dan di colokkan ke modemnya. Terus modemnya di taruh di luar, di tempat yag tinggi, di atas genteng misalnya. Atau untuk lebih kerennya, buatlah tiang tersendiri da di beri antena reflektor pengumpul sinyal, penulis menggunakan WAJAN yang sudah tidak di pakai. Tapi sebetulnya reflektornya harus selalu dalam keadaan bersih, agar sinyal justru tidak terserap ke refletor itu sendiri. Lihat gambar ya...

 
 




Pada gambar 1, adalah pemasangan modem yang nempel di motherbox seperti biasanya. Yaitu pada bagian device untuk port usb bagian belakang. Hal ini akan mengurangi penangkapan  sinyal dari layanan. Apalagi kalau kita jauh dari tower repeater, dan komputer kita jauh di dalam kamar di dalam rumah.

Dan pada gambar 2, adalah modem yang di sambung dengan usb extender dan di letakan pada luar ruangan bahkan di luar ruma. Tentunya dengan perlindungan dari cuaca. Dan di jamin akan ada peningkatan penangkapan sinyal.

Pada kasus penulis sendiri, tadinya sebelum di sambung, sinyal hanya 2 bar, setelah di perpanjang bisa mencapai 5 bar. Dan saat louding un lancar sesuai kuota. Dan hal ini akan mempercepat habisnya pulsa. Di karenakan trlalu asyik you tube –an. Karena hampir tidak ada buffering sama sekali.

Demikian pengalaman yang penulis alami sendiri. Bila masih kurang jelas, bisa di tanyakan atau cari blog yang lebih hebat. Okey..??

No comments:

Post a Comment

Post a Comment