Entri Populer

Sunday, July 7, 2013

KERETA API UAP


Kereta api uap adalah kereta api yang sistem kerjanya menggunakan tekanan dari uap yang di buat dalam sebuah tanki uap, yang di panaskan dengan menggunakan kayu bakar, batu bara ataupun arang.

Pada tahun 1803, Richard Trevithick di South Wales, membangun lokomotif uap pertama yang berjalan di rel. Namanya The Puffing Billy, lokomotif dibangun pada tahun 1813 oleh Timothy Hackworth dan William Hedley, adalah lokomotif pertama kali digunakan secara komersial untuk mengangkut mobil.

Perhatikanlah pada gambar :
kereta api uap melintasi jembatan
 

Kereta api uap ini menggunakan bahan bakar menggunakan kayu bakar, yang di letakkan di belakang Lokomotif dalam bak gerbong.

Air yang di tampung dalam drum, di didihkan sehingga menimbulkan uap yang kemudian di salurkan pada tuas-tuas penggerak roda. Dan cerobong asap yang menyembul di atas adalah tempat pengeluaran sisa pembakaran, sedangkan pembuangan uap dari hasil kerja adalah pada tabung di bawah di samping roda utama kereta.

Kereta uap jenis ini masih di jalankan di pabrik gula sragi, di kabupaten pekalongan. Hanya saja dalam lingkup pabrik  untuk mengangkut tebu-tebu dari penimbangan ke bagian produksi gula. Dan menurut pengamatan penulis, sering terjadi kecelakaan di karenakan memang lokomotifnya sudah tua dan onderdilnya yang sudah tidak ada gantinya. Kecelakan yang sering timbul adalah, bocornya sistem gas dan anjlognya lokomotif dari relnya.

Penanganan kecelakan hanya sebatas darurat saja, yang bersifat sederhana dan tidak ada penggantian onderdil ataupun bagian yang di ganti. Hal ini di karenakan sulitnya suku cadang dan keterbatasan biaya perawatan.

Berbagai macam jenis kereta api uap :

 
 
 
 
 





No comments:

Post a Comment